Senin, 23 April 2012

Filosofi Nama


Pernah denger ga, di salah satu karyanya William Shakespeare ada ungkapan “Apalah arti sebuah nama?” Menurutku nama itu sangat berarti. Nama itu merupakan sebuah do’a, do’a dari orangtua kita tercinta. Jadi, pasti orangtua kita gak bakalan asal-asalan memberikan nama kepada kita. Kan gak keren kalau saat kita dibangkitkan kembali dan dikumpulkan di Padang Mahsyar, lalu dipanggil dengan nama-nama yang aneh, iuhhh…

Kejadiannya udah lama sih, pas jaman SD sekitar kelas 5.
Waktu itu aku baca buku yang tokoh utamanya bercerita tentang arti nama yang ia punya, lalu terbersitlah dalam pikiranku tentang arti nama yang aku punya. Ada arti khusus atau Cuma asal-asalan aja ya? Hmm.. penasaran banget waktu itu. Langsung deh aku cari Mamah dan bertanya padanya tentang arti namaku. Ternyata Zafira itu berasal dari bahasa Arab yaitu Zhafir (ﻈﻔﻴﺮ) yang artinya selalu mendapatkan atau selalu berhasil atau dalam kata yang lebih simple yaitu beruntung. Kalau Diani itu pemberian kakakku (entah dari mana ia mendapatkan nama ini, padahal kala itu usianya belum genap 3 tahun). Setelah ditelusuri ternyata Diani itu ditemukan juga pada bahasa Jawa dari kata Dian yang artinya damar/lampu, dan bias dimaksudkan juga sebagai penerang atau cahaya.
Jadi aku simpulkan jika Diani Zafira itu artinya Cahaya keberuntungan. Wahh… ternyata bermakna banget ya…

Diani Zafira = Light of Lucky

Namun yang aku bingung, kenepa ayahku menuliskan pada akte kelahiranku itu Zafira, kenapa ngga Zhafira aja. Kan nantinya malah bias jadi salah arti.
Dan yang membuatku lebih menyukai nama belakangku adalah dengan diterbitkannya buku Ranah3Warna karya A.Fuadi. Dalam buku tersebut dijelaskan tentang pepatah Arab yaitu Man Shabara Zhafira yang artinya Siapa yang bersabar pasti akan beruntung. Mantra ini pun bisa mengalahkan mantra sakti Man Jadda Wajada yang artinya Siapa yang bersungguh-sungguh pasti akan berhasil. Sebelumnya mantra ini telah dijelaskan pada novel pertama dari trilogy Negeri 5 Menara.

So, yang belum tahu apa arti dari nama yang kalian punya, lebih baik tanya pada orangtua kalian deh… atau jika orangtua kalian ngga tau coba Tanya ke Mbah Google aja. Siapa tahu ada penjelasan tentang nama yang kalian punya.
Ngga keren juga kan kalau punya nama bagus tapi ngga tahu arti dan makna yang dikandungnya. Bagi yang belum tahu cepetan cari tahu sana-sini biar jadi tahu J

0 komentar:

Posting Komentar

sempatkan untuk berapresiasi ya....

 
Plantilla Minima modificada por Urworstenemy