Senin, 23 April 2012

SERUNYA MENGENAL ALAM MELALUI LOHIRY V

Minggu (30/10) SMA Negeri 1 Banjarsari menyelenggarakan LOHIRY V untuk tingkat SMP/MTs dan SMA/SMK/MA se-Ciamis Selatan dan Kota Banjar. Nama Acara ini merupakan singkatan dari Lomba Hiking Rally yang diadakan pada tahun ke 5. Kegiatan ini diikuti oleh 5 sekolah untuk tingkat SMP/MTs dan 10 sekolah untuk tingkat SMA/SMK/MA. Selain melaksanakan salah satu program kerja OSIS masa bakti 2010/2011, kegiatan ini juga bertujuan untuk mempererat tali silaturahmi antar sekolah dan agar kita bisa belajar mengenal alam secara dekat dengan menjelajahnya sesuai dengan tema yang diusung pada kegiatan ini yaitu “Adventure Nature”.


Acara dimulai dengan Upacara Pembukaan yang secara resmi ditandai dengan pemukulan Goong  oleh Drs. Asep Samsu selaku Wakasek Kesiswaan SMA Negeri 1 Banjarsari. Dilanjut dengan penampilan dance dari kelas XII IPA 1 dan aksi yel-yel dari SMPT Dampasan. Terdapat 68 regu yang mengikuti kegiatan ini, 33 regu dari ekstern dan 35 regu dari intern (SMA Negeri 1 Banjarsari). Ketentuan tiap regu terdiri maksimal oleh 5 orang. Respon dari ekstern sangat antusias, Bahkan ada sekolah yang mengirimkan regu paling banyak yaitu dari SMP Terpadu Dampasan sebanyak 11 regu. Dari segi kostumpun banyak sekali yang unik, contohnya seperti menggunakan sarung yang serempak warnanya, menggunakan kostum sepak bola dan basket, menggunakan piyama dan rol rambut, berlaga seperti kabayan, menggunakan batik, kostum dari daun kelapa dan lainnya. Ketentuan lainnya yaitu selama melakukan perjalanan dilarang membawa senjata tajam, buku berisi materi, ponsel bahkan jam tangan. Hal ini dimaksudkan agar kita lebih mengenal alam dan lingkungan sekitarnya. Rute perjalanannya dimulai ke daerah Wanayasa Banjarsari – Cibadak – Pangangonan – Kawasen – Kayu Putih dan finish di kampus SMA Negeri 1 Banjarsari. Selama perjalanan terdapat pos-pos yang mengharuskan peserta untuk menjawab soal, diantaranya tentang umum, keagamaan, bela Negara, kesehatan dan yang terakhir yaitu halang rintang. Pada pos halang rintang terdapat salah satu outbond yang sudah disiapkan yaitu flying fox.

Acara terakhir setelah semua peserta melewati finish yaitu hiburan kabaret dan Onester Dance yang dipersemabahkan dari  Poster1 yaitu Ekstrakurikuler teater di SMA Negeri 1 Banjarsari. Untuk penilaian pemenang, tidak hanya dilihat dari pengisian soal di pos, namun kontrak waktu dan kekompakanpun  dipertimbangkan juga. Untuk Putra tingkat SMA dan sederajat juara 1 diraih olehSMK 1 Muhammadiyah dan juara 2 oleh SMK Negeri 1 Pangandaran Untuk Putri tingkat SMA dan sederajat juara 1 diraih oleh SMK Negeri 1 Pangandaran dan ke 2 oleh MA Terpadu. Untuk juara umumnya diraih oleh SMA Negeri 1 Lakbok. Sedangkan untuk Tingkat SMP juara 1 diraih oleh SMPN 1 Banjarsari dan juara umum diraih oleh SMP Terpadu Dampasan. Hadiah yang diterima yaitu berupa trophy bergilir, piala serta uang tunai.

“Alhamdulillah acara telah berhasil dilaksanakan dan lebih sukses dibandingkan tahun sebelumnya. Padahal dalam waktu 3 hari menuju hari pelaksanaan surat undangan baru disebar, namun jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini cukup banyak. Untuk Panitiaagar labih semangat dan ingat tentang tanggung jawab.” tutur Misbahun Saeful M. selaku Ketua Pelaksana.
Komentar dari ekstern
“Panitianya ramah, namun untuk rutenya kurang jauh.”  (SMK Negeri 1 Pangandaran)
Sangat banyak pelajaran yang kami dapat dan kelelahan pun hilang dengan semangat.” (SMP Negeri 5 Banjarsari)
Perjalanan yang menyenangkan namun kurang memuaskan.” (SMP Terpadu Dampasan)
Komentar dari intern
 “Rintangannya cukup menantang dan ingin memcoba outbond-nya lagi.” (Kelas X.9)
“Yang pastinya capek, namun seru bisa menjelajah alam.” (Kelas XII IPA 4)
“Serunya 80% namun capeknya 120% dan berharap diadakan lagi tiap tahunnya.” (Kelas X.8)

Berlangsungnya kegiatan ini telah disponsori oleh Indosat, Primagama, Teh botol Sosro, Denia.net Banjarsari, indomaret, Budiman Motor, Toko Alhikmah, Toko Aep Ani, RM Teh & Asep, Radio Kencana, Toko Bareta, Toko Sinar Abadi dan The big Family Alumni SMA Negeri 1 Banjarsari.
(Diani Zafira/SMA N 1 Banjarsari)

0 komentar:

Posting Komentar

sempatkan untuk berapresiasi ya....

 
Plantilla Minima modificada por Urworstenemy